Selamat Datang di Zona Atmadilaga

"Setetes Tinta Mampu Melahirkan Sejuta Inspirasi"

Minggu, 09 Februari 2014

BAGAIMANA LISTRIK DISALURKAN, UNTUK APAKAH FUNGSI KEBERADAAN SUTET

Hmm, sudah sering kita bahas masalah sipil, sesekali kita bahas masalah listrik, Bagaimana sih listrik disalurkan?
Listrik yang dibangkitkan di pusat-pusat pembangkit harus disalurkan menggunakan saluran transmisi seperti ditunjukkan pada gambar berikut

Saluran transmisi ini nih yang menyalurkan daya listrik besar ke pusat-pusat konsumen listrik.

Dalam sistem kelistrikan, saluran transmisi berfungsi seperti urat nadi yang mengalirkan darah di dalam tubuh. Tanpa urat maka manusia tak kan bisa hidup. Demikian juga halnya bila ada listrik yang dibangkitkan tetapi tidak ada saluran transmisi yang mengalirkannya, maka listrik tidak akan sampai ke konsumen. Dengan adanya saluran transmisi, energi listrik dapat dikirimkan ke suatu tempat yang yang berjarak ratusan atau bahkan ribuan kilometer. Orang yang tinggal di Jawa Barat dapat menerima kiriman listrik dari Jawa Timur, demikian juga orang di Jawa Timur bisa menerima pasokan listrik dari jawa barat. Saluran tranmisi ini juga yang menjamin tersuplainya listrik ke industri, perkantoran, dan perumahan.

Mengapa SUTET 500 kV??

Sutet (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) 500 kV adalah saluran transmisi udara yang kabelnya memiliki tegangan listrik 500 kV ketika beroperasi. Secara prinsip, tidak ada perbedaan dengan saluran transmisi jenis lainnya. Perbedaannya terletak pada batas tegangan operasinya. Transmisi 150 kV berarti bekerja pada tegangan 150 kV, sedangkan transmisi 500 kV bekerja pada tegangan 500 kV. Semakin tinggi tegangan saluran transmisi maka kemampuannya menyalurkan daya listrik juga semakin besar.

Hal ini dapat diibaratkan dengan jalan tol. Semakin lebar jalan tersebut maka semakin banyak kendaraan yang dapat melaluinya. SUTET 500 kV dapat menyalurkan daya listrik kurang lebih 11 kali lipat. Oleh karena itu, SUTET menjadi tulang punggung sistem kelistrikan di berbagai ngara di dunia sehingga tidaklah mengherankan jika hampir semua negara memiliki SUTET.


Nah itu sedikit dari saya mengenai Jaringan Transmisi, tentunya jangan berharap listrik dikawasan kita akan stabil apabila pembangunan transmisi sering terhambat. Maka marilah kita sama-sama mendukung pembangunan jaringan transmisi untuk kepentingan kita bersama untuk listrik yang lebih baik. Dari Kita untuk Kita.



Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar

Follow by Email

Cari Blog Ini